Welcome to my Blog

Hi All! Selamat datang di blog Muamer Riza Gani a.k.a Amer. Silahkan beri komentar dan tuangkan ide anda

Rabu, 13 Oktober 2010

IT project dengan metode PMBOK


PMBOK ( Project Management Body Of Knowledge ) adalah kumpulan proses dan bidang pengetahuan umum diterima sebagai praktek terbaik dalam disiplin manajemen proyek. Sebagai yang diakui secara internasional standar (IEEE Std 1490-2003) yang menyediakan dasar-dasar manajemen proyek, terlepas dari jenis proyek baik konstruksi, perangkat lunak, teknik, otomotif dan sebagainya. Selain itu, PMBOK juga dapat dipahami sebagai suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan kumpulan pengetahuan yang diperlukan oleh profesional dibidang manajemen proyek. Seperti halnya profesional di bidang lain seperti hukum, akuntansi ataukah komputer, semuanya memiliki suatu batang tubuh ilmu pengetahuan yang terus dikembangkan baik oleh praktisi maupun akademisi.
Dalam menjalankan metodologi tersebut, Metrodata beracuan pada The Guide to PMBOK yang disusun oleh PMI ( Project Management Institute). PMI adalah organisasi profesional yang berpusat di Amerika Serikat, didirikan sejak tahun 1969, dan saat ini sudah memiliki anggota sekitar 125.000 orang yang tersebar di 140 negara. PMI mengeluarkanstandar bagi profesional manajemen proyek di seluruh dunia. Dokumen standar ini diberi nama A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide). Tuntunan ini sudah dikenal secara luas sebagai standar yang dapat diterima di seluruh dunia, dan telah mendapatkan pengakuan sebagai American National Standard (ANS) yang diberikan oleh ANSI (American National Standards Institute).
Menurut ANSI, PMBOK mendefinisikan manajemen proyek sebagai penerapan dari pengetahuan, kemampuan, alat bantu serta teknik kedalam aktifitas proyek agar dapat memenuhi atau melampaui apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh pihak-pihak terkait (stakeholder) dari proyek., dengan cara menyeimbangkan seluruh kebutuhan yang terkait dengan :

• Ketepatan lingkup, waktu, biaya dan kualitas.

• Stakeholder atau pihak-pihak yang terlibat atau terkena dampak dari proyek,
dengan kebutuhan dan harapan yang berbeda-beda.

• Tujuan yang terdeskripsi (kebutuhan) dan yang tidak terdeskripsi secara tertulis.

1 komentar: