Welcome to my Blog

Hi All! Selamat datang di blog Muamer Riza Gani a.k.a Amer. Silahkan beri komentar dan tuangkan ide anda

Rabu, 13 Oktober 2010

Perlunya Contingency Dalam suatu rentang durasi Proyek


Setiap pihak tentu saja ingin mendapatkan proyek yang sukses. Salah satu kondisi yang dibutuhkan untuk mendapatkannya adalah menyelesaikan proyek sesuai jadwal. Untuk mendapatkan proyek selesai sesuai jadwal, setiap pekerjaan pada jalur kritis (critical path) harus selesai sesuai jadwal. Untuk mendapatkan setiap pekerjaan pada jalur kritis selesai sesuai jadwal, kita harus merencanakan setiap pekerjaan termasuk hal-hal yang mungkin terjadi diluar perkiraan atau contingency. Semua orang sadar bahwa terdapat ketidakpastian (uncertainty) di setiap pelaksanaan pekerjaan proyek. Karena itu perlu memasukkan contingency pada setiap estimasi pekerjaan.

Pengambilan contingency tergantung pada basis estimasi durasi pekerjaan, dalam hal ini ada estimasi dengan nilai probabilitas (kemungkinan terjadi) besar dan estimasi dengan probabilitas kecil. Misalkan saja contingency pada estimasi durasi dengan probabilitas 90%, berbeda dengan contingency pada estimasi durasi dengan probabilitas 50%. Umumnya di lapangan, tekanan datang untuk menyelesaikan proyek secepat mungkin. Dalam kondisi kompetisi tawar-menawar, siapa yang dapat menawarkan kecepatan akan mendapat kesempatan besar memenangkan proyek. Untuk alasan ini, manajer proyek harus memiliki jalur kritis yang lebih pendek untuk proyeknya, sehingga tidak memasukan contingency pada penjadwalan proyek. Disisi lain para manajer proyek menyadari mereka ingin orang-orang dalam proyek tetap berkomitmen dan menyelesaikan tugas mereka pada waktunya. Pekerja juga tahu bila didalam organisasinya, seseorang yang dapat menyelesaikan tugas tepat waktu akan dicap memiliki kemampuan, sebaliknya jika tidak dapat menyelesaikan tepat waktu akan dicap tidak memiliki kemampuan. Karena itu mereka merasa contingency perlu dimasukkan dalam estimasi.

Gambar terlampir menunjukkan menunjukkan bagan evaporating cloud akan dilema ini. Tentu saja kita tidak dapat memiliki estimasi dengan probabilitas 50% dan estimasi durasi dengan probabilitas tinggi sekaligus, karenanya terjadi konflik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar