Welcome to my Blog

Hi All! Selamat datang di blog Muamer Riza Gani a.k.a Amer. Silahkan beri komentar dan tuangkan ide anda

Senin, 27 September 2010

Proses Inti dalam "Creating Knowledge Management ", Sumber : Probst

Menurut Prof. Gilbert Probst, untuk mengatur dan mengelola pengetahuan organisasi atau organisasi perlu dilakukan pengelompokkan dan pengkategorian masalah yang ditemui di organisasi tersebut. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi aktivitas yang dianggap sebagai proses inti knowledge management dan terkait satu dengan lainnya. Dalam proses pengidentifikasian tersebut diperlukan metode analisa yang disebut Core Process Knowledge Management (Proses Inti Knowledge Management).

Proses inti dalam knowledge management antara lain sebagai berikut:
1. Knowledge identification
Mengidentifikasikan internal knowledge dengan menganalisa dan menjelaskan
lingkungan pengetahuan yang ada.

2. Knowledge acquisition
Mengimpor bagian–bagian penting pengetahuan yang berasal dari sumber luar.

3. Knowledge development
Pengembangan knowledge berfokus pada menciptakan keahlian baru, produk baru, ide
yang lebih baik, dan proses yang lebih efisien. Pengembangan knowledge termasuk
semua usaha manajemen yang bertujuan menghasilkan kemampuan yang belum tersedia
dalam organisasi.

4. Knowledge sharing/distribution
Menganalisa transisi knowledge dari individu ke grup atau ke organisasi.

5. Knowledge utilization
Memastikan bahwa knowledge yang ada di organisasi saat ini digunakan secara /
dengan produktif demi keuntungan organisasi.

6. Knowledge retention
Merupakan suatu proses selecting, storing, dan biasanya updating knowledge dari
nilai potensial masa datang yang harus distukturisasi secara berhati–hati.

7. Knowledge Assesment
Merupakan metode yang digunakan untuk mengukur knowledge strategic, normatif, dan
operasional.

8. Knowledge Goals
Knowledge Goals memberikan arah pada knowledge management. Knowledge goals
terdapat pada tiga level manajemen. Normative knowledge goals yang berhubungan
dengan visi umum dari kebijakan organisasi dan semua aspek budaya
organisasi, strategic knowledge goals untuk program-program jangka panjang dalam
rangka merealisasikan visi, serta operational knowledge goals yang membantu
memastikan program-program strategis telah diimplementasikan dalam aktivitas
harian organisasi.

1 komentar: